16 June, 2014

Ambon

Kejadian kurangnya pemahaman geografi terulang lagi di Ambon saat pertama kalinya saya melakukan business trip ke sana.
Bandara Internasional Pattimura, Ambon

Dari Info yang saya dapat, hanya ada dua hotel ber-merek, yaitu Aston dan Swiss-bel. Dengan pertimbangan untuk memudahkan perjalanan dari hotel ke Bandara saat kami kembali ke Jakarta, mengingat penerbangannya pada jam 7 pagi, saya memilih hotel yang jaraknya lebih dekat ke bandara.

Pilihan jatuh pada Hotel Aston Natsepa, yang ternyata lokasinya sangat jauh dari kota Ambon, tempat Swiss-bel yang lokasinya di tengah kota. Hal ini baru saya ketahui saat teman-teman media lokal saya telepon untuk konfirmasi jadual meeting di hotel tempat saya menginap. Saat saya sampaikan bahwa saya menginap di Aston Natsepa, mereka bilang 'Wah.. kenapa jauh sekali Pak menginapnya?'

Saat menunggu kedatangan teman-teman media, saya sempatkan untuk melihat peta Ambon di lobby hotel, dan barulah saya tahu kesalahan saya. Jarak dari Bandara ke Swiss-bel di tengah kota memang jauhnya lebih dari sepuluh kilometer dibandingkan dari Bandara ke Aston Natsepa. Masalahnya adalah, posisi kota ada di sebelah kanan apabila dari arah bandara, sedangkan Natsepa ada di sebelah kiri. Jadi apabila dari Natsepa hendak ke kota, jaraknya jauh sekali. Saya mengira, Aston Natsepa Ambon, seperti namanya, berada di kota Ambon. Ternyata maksudnya adalah pulau Ambon.

No comments:

Post a Comment