06 June, 2014

Banda Aceh

Daerah Operasi Militer, Gerakan Aceh Merdeka, Tsunami, rakyat Aceh menyumbangkan hartanya untuk membeli pesawat Indonesia yang pertama - Seulawah, dan banyak cerita lainnya, membuat saya sangat antusias untuk segera tiba di Aceh.

Aceh Tsunami Museum, Banda Aceh
Setelah penerbangan yang cukup panjang karena transit terlebih dahulu di Medan, akhirnya di tahun 2011 itu saya mendarat di bandara Sultan Iskandar Muda dan untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Bumi Serambi Mekah.

Saya hanya menginap semalam di Aceh, dan keesokan harinya, sebelum ke bandara, saya menyempatkan untuk berkeliling melihat kota Banda Aceh dan mampir ke Aceh Tsunami Museum.

Museumnya bagus, megah, bersih dan dilengkapi pendingin udara. Mengingatkan saya pada beberapa museum di luar negeri yang pernah saya kunjungi. Tidak dipungut biaya untuk masuk museum ini, dan di dalamnya juga terdapat theatre yang menayangkan dokumentasi bencana Tsunami di Aceh.

Sayangnya, dari beberapa artikel di internet yang saya baca akhir-akhir ini, museum ini memerlukan ekstra perawatan, khususnya perawatan kebersihan di dalam museum.


No comments:

Post a Comment